Monday, October 24, 2016

Sleep Paralysis - Kelumpuhan Tidur


sc pic : world-of-lucid-dreaming.com

Karena admin lagi demam metafisika, maka hari ini admin akan posting tentang Sleep Paralysis atau kebanyakan orang menyebutnya "tindihan". Sleep Paralyisis biasanya terjadi ketika tidur ataupun  bangun tidur(namanya juga "Sleep" Paralysis, kalo nggak pas tidur kapan lagi?).

Orang yang mengalami Sleep Paralysis tidak akan bisa menggerakkan anggota tubuhnya, kecuali jari kaki, jari tangan, lidah, dan kelopak mata sekaligus mata. Selain tidak bisa bergerak, orang yang menderita Sleep Paralysis, juga tidak bisa mengeluarkan suara dan biasanya disertai dengan melihat penampakan atau sosok-sosok yang mengerikan. Tapi, jangan salah ya, guys! Sleep Paralysis atau tindihan terjadi karena pelompatan fase-fase dalam tidur.

Dalam ilmu pengetahuan, tidur dibagi menjadi 4 fase, yaitu fase tidur ringan, fase tidur dalam, fase tidur sangat dalam, dan fase REM(Rapid Eye Movement). Pada fase inilah kita bermimpi.

Lalu bagaimana pelompatan fase tidur bisa terjadi?

Hal tersebut dikarenakan gelombang otak yang tidak mengikuti fase tidur yang seharusnya, sehingga ketika kita masih dalam fase tidur ringan atau masih setengah sadar, gelombang otak kita langsung melompat ke fase REM. Ketika tindihan, otak kita sudah terbangun, namun tubuh kita merasa masih berada dalam mimpi, sehingga masih tidur dan tidak bisa digerakkan.

Tapi, kenapa ketika mengalami tindihan kita melihat sosok aneh?

Sebenarnya itu hanyalah halusinasi--meskipun terlihat sangat nyata. Halusinasi tersebut terjadi karena, kita dalam keadaan panik. Ketika dalam keadaan panik, kita pasti akan membayangkan yang aneh-aneh, bukan? Nah, seperti itulah mengapa ketika melihat sosok menyeramkan ketika tindihan.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa sosok menyeramkan tersebut tercipta dikarenakan otak mencoba untuk memproyeksikan citra tubuh orang itu sendiri ke figur halusinasi. Misalnya, orang yang tidak punya tangan dan mengalami Sleep Paralysis, maka dia juga akan melihat sosok yang tidak punya tangan.

Sebagai tambahan, jangan panik ketika Sleep Paralysis dan gerakkan anggota tubuh yang bisa digerakkan. Cobalah tetap relax, siapa tahu nanti kebablasan jadi Lucid Dream. Hehehe. Oh ya, Sleep Paralysis biasanya terjadi ketika kita kelelahan, jadi saran dari admin San, kalau kalian pengen Lucid Dream, coba olah raga dulu sebelum tidur. Salam Creepypasta!
Share:

1 comment: