Friday, October 14, 2016

Hades - Penguasa Dunia Bawah


sc pic : spinningwebbs.com

Karena Zeus dan Poseidon sudah admin bahas, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas saudara dari kedua dewa tersebut--Hades. Dia adalah yang tertua dari Kronos dan Rea. Hades merupakan dewa dunia bawah--kebanyakan menyebutnya neraka--yang penuh kegelapan namun dia tidaklah jahat. Sama seperti saudaranya--Poseidon, dia juga ikut mengalahkan Kronos dan setelah melakukan undian dia mendapat bagian dunia bawah.

Hades sering dianggap sebagai dewa kematian, karena hubungannya dengan dunia bawah, padahal bukan. Kebanyakan juga menyebut Hades, sebagai nama dari dunia bawah. Dalam mitologi Romawi, Hades juga disebut Pluto, Dis Pater, dan Orkus.

Simbol dari Hades adalah Helm Kegelapan dan Anjing Berkepala Tiga--Cerberus. Selain penjaga dunia bawah, dia juga biasa disebut sebagai Kekayaan (Pluton), karena dia berada di bawah tanah yang terdapat banyak mineral yang dimilikinya. Sebutan Hades yang lain adalah Penguasa Banyak Benda (Polysemantor), Yang Menerima Banyak Hal (Polidegmon), Penerima Orang Mati (Nekrodegmon), Penyelamat Orang Mati (Nekron Soter), dan Penasehat yang Bagus (Eubuleus). Bahkan Zeus punya sebutan sendiri untuk Hades, yaitu Zeus Dunia Bawah (Khothonios), Dia yang Sunyi, dan Raja Para Roh.

Istri dari Hades adalah anak dari Demeter--Persephone. Hades bertemu dengan Persephone  ketika dia meninggalkan dunia bawah dengan mengendarai kereta perang yang ditarik oleh kuda hitam. Dia lalu menculik Persephone, putri Zeus dan Demeter. Hades ingin menjadikan Persefone seabgai istri dan ratunya di dunia bawah. Untuk berkompromi dengan Demeter, Hades mengizinkan Persefone tinggal di dunia atas selama setengah tahun, dan setengah tahunnya lagi Persefone akan tinggal di dunia bawah.

Hades sebagai penjaga dunia bawah, juga memiliki hewan peliharaan, yaitu anjing berkepala tiga yang diberi nama Cerberus. Untuk hewan peliharaan Hades satu ini, akan Admin San bahas di postingan yang akan datang. Salam Creepypasta!
Share:

1 comment:

  1. artikel yang menarik, terima kasih infonya. untuk bahan sekolah :D

    ReplyDelete