Tuesday, November 29, 2016

Witch Hunt - Perburuan Penyihir


sc pic : salem.wikia.com

Semoga banyak yang suka dengan fantasi, ya! :D Sihir sudah dikenal sejak ribuan tahun dalam sejarah manusia. Walaupun masih menjadi misteri--apakah sihir itu nyata atau tidak--namun banyak kejadian bagi penyihir atau yang dituduh penyihir disiksa dan dieksekusi. Beberapa tahun setelah Eropa mengalami wabah yang disebut Black Death, terjadilah yang disebut dengan Perburuan Penyihir atau Witch Hunt.

Selama kurang lebih 3 abad, Witch Hunt telah memakan korban sebanyak 35.000 - 100.000 jiwa, banyak rumor yang menyatakan korban dari Witch Hunt belum terbukti sebagai penyihir. Karena kemajuan bidang komunikasi, akhirnya Witch Hunt telah menyebar luas dari Eropa ke Amerika yang terkenal di kota Salem, Massachusetts.

Di daerah Dan Vaud, Swiss adalah tempat Perburuan Penyihir yang paling gempar. Tempat mengurung dan mengeksekusi penyihir di daerah ini adalah di Kastil Chateau de Chillon, dimana dalam tiga abad, penyihir perempuan yang telah dieksekusi di kastil ini berjumlah 3371 orang. Seperti yang kita ketahui, pada abad pertengahan, seseorang yang terbukti atau dituduh sebagai penyihir akan dihukum mati dengan cara dibakar. Karena menurut kepercayaan masyarakat abad pertengahan, penyihir perempuan harus dibakar agar tidak dapat bereinkarnasi.

Menurut teori dari buku Malleus Maleficarum, penyihir perempuan yang diperdaya oleh setan tidak dapat merasakan sakit, sehingga dapat dengan sesuka hati melakukan perlakuan atau diperlakukan dengan kejam. Misalnya dengan menggunakan sekeping besi panas memerah untuk membakar tangan mereka, apabila tangan mereka terluka, berarti mereka tidak berdosa; menyuruh mereka mengambil sebentuk cincin suci di dalam air mendidih, kemudian tangannya diperban dan distempel, tiga hari kemudian jika tidak ada bekas, berarti berdosa; atau pun langsung saja diikat dengan sebongkah batu dan dilempar ke dalam danau, jika bisa selamat berarti berdosa.

Seorang perempuan kepala kantor pos bernama Katharina Henot, dihukum mati pada tahun 1627, karena dituduh penyihir tanpa bukti yang kuat. Katharina dan adiknya, Harger Henot, mewarisi sebuah kantor pos di Cologne dari ayah mereka. Dia ditangkap pada Januari 1627 karena dituduh menggunakan ilmu sihir untuk menyebarkan wabah penyakit dan membunuh beberapa orang.

Sedangkan Harger lebih beruntung, dia bebas setelah ditangkap pada 1631, itupun setelah sidangnya diintervensi. Katharina dipenjara dan tidak pernah mengakui semua tuduhan yang diberikan kepadanya, meskipun dia harus menderita akibat disiksa dalam waktu yang lama untuk itu. Akhirnya, dia dinyatakan bersalah dan dieksekusi dengan cara dibakar. Salam Creepypasta!
Share:

2 comments:

  1. Perburuan penyihir ini memang lama kelamaan diteliti ada yg cukup aneh karena semua yg dianggap penyihir adalah perempuan sementara yang dituduh belum tentu juga bisa melakukan sihir

    ReplyDelete
  2. Mksh ya infonya. Jadi tahu ternyata dunia sihir dulu eksis juga.

    ReplyDelete