Sunday, November 6, 2016

Griffin - Raja Hewan Buas dan Penguasa Udara



sc pic : fanpop.com edited by me

Ini nih makhluk mitologi favorit admin San. Griffin merupakan gabungan dari dua raja, yaitu singa dan elang--ada juga yang mengatakan rajawali. Tubuhnya, ekor, dan kaki belakangnya adalah singa, sebagai perwujudan "Raja Hewan Buas", sedangkan sayap, kepala, serta kaki depannya adalah elang, sebagai perwujudan "Raja Burung." Jadi, Griffin adalah penggambaran dari makhluk yang berkuasa atas kedua hal tersebut, sehingga dijuluki "Raja Hewan Buas dan Penguasa Udara."

Adrienne Mayor, merupakan sebuah cerita klasik yang menyinggung bahwa Griffin adalah kesalah pahaman kuno dari sisa-sisa hasil fosil Protoceratops yang ditemukan di tambang emas di Pegunungan Altai, Scythia.

Dalam bahasa Akkadian, makhluk bertubuh singa, berkepala dan bersayap rajawali dikenal dengan nama Kuribu.  Dari kata kuribu ini kemudian muncul kata keruv--dalam bahasa inggris adalah cherub--yang digunakan di dalam teks-teks Alkitab untuk menunjuk pada makhluk surgawi yang bersayap. Dalam mitologi Yunani sendiri, Griffin digambarkan sebagai makhluk yang cukup berbahaya dan tinggal di pegunungan. Salam Creepypasta!
Share:

3 comments: